Sebuah refleksi dari matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan
Oleh: Ayu Arfiana
Dalam dunia pendidikan, tak lepas
dari adanya permasalahan. Permasalahan tersebut dapat bersumber dari berbagai
faktor. Beberapa faktor antara lain: guru, siswa, kepala sekolah, dinas
pendidikan, dan orang tua.
Berikut ini ulasan dari hasil diskusi
pada perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan di kelas A Program
Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) prodi Pendidikan Matematika
angkatan tahun 2015 tentang problematika pendidikan yang ada di Indonesia.
Perkuliahan ini bertempat di ruang PPG 1 laboratorium Matematika FMIPA UNY dan
diampu oleh seorang dosen yang senang berbagi cerita, dan dari cerita-cerita
beliau melahirkan rasa optimis pada diri mahasiswa untuk terus berkarya, beliau
adalah Ibu Dr. Heri Retnowati.
1. Guru
Permasalahan yang dihadapi
guru antara lain:
- Kurikulum yang diatur oleh pemerintah membuat guru kaku dalam mengajar
- Kepribadian/kompetensi guru yang kurang memadai menyebabkan kurangnya kinerja guru
- Permasalahan ekonomi yang membuat guru bekerja bukan karena panggilan nurani menyebabkan guru tidak mampu menyiapkan diri untuk mengajar dengan baik
- Guru sulit mengubah sudut pandang siswa bahwa mata pelajaran (dalam hal ini mata pelajaran matematika) menyenangkan
- Guru terlalu mengejar target materi, tanpa memperhatikan pemahaman siswa
- Kegiatan nonakademik yang mempengaruhi waktu efekti guru dalam mengajar
- Kurang bervariasi dalam menyiapkan metode pembelajaran
- Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang
- Kurangnya pelatihan kompetensi yang diberikan kepada guru
2. Siswa
Permasalahan yang dihadapi siswa,
antara lain:
- Minat dan motivasi siswa kurang
- Ketertarikan terhadap guru karena dari berbagai aspek, seperti: cara mengajar guru atau karakter guru itu sendiri
- Pembelajaran yang monoton menyebabkan anak kurang tertarik dengan pelajaran
- Mata pelajaran (dalam pembahasan ini mata pelajaran matematika) dianggap sulit karena rumus-rumus rumit
- Siswa belum memahami materi prasyarat, sehingga sulit untuk memahami materi berikutnya
- Kurang memahami isi materi dalam buku
- Penerapan waktu lima hari sekolah di beberapa daerah membuat siswa kurang konsentrasi karena terlalu padat jadwal per hari
- Kemampuan siswa yang variatif, siswa yang mempunyai kemampuan rendah terkadang merasa minder dengan siswa lain
- Fasilitas yang dimiliki siswa kurang memadai sehingga tidak menunjang kegiatan belajar siswa
- Perjuangan yang kurang sehingga menyebabkan rasa malas dan kurang tertarik karena bidang/jurusan yang digeluti tidak sesuai dengan cita-cita siswa
- Kecemasan ketika ujian karena kurangnya persiapan atau pemahaman terhadap materi
- Kondisi fisik menyebabkan kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran.
- Kecanduan game, computer atau internet sehingga pendidikan diabaikan
Permasalahan yang dihadapi kepala sekolah, antara lain:
- Kepala sekolah kurang memonitori kegiatan sekolah disebabkan karena jadwal yang padat
- Pengetahuan IT yang dimiliki kepala sekolah masih kurang
- Kurang pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah
- Niat menjadi kepala sekolah karena ekonomi dan status social (ini hanya berlaku jika dalam perekrutan kepala sekolah tidak menggunakan prosedur yang ada)
- Pengelolaan dana sekolah kurang optimal
- Manajemen kepemimpinan kurang memadai
- Hubungan dengan guru-guru kurang harmonis
Permasalahan yang dihadapi kepala sekolah, antara lain:
- Pelatihan yang diselenggarakan dinas pendidikan tidak merata
- Pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan kurang efektif, baik masalah tempat maupun waktu
- Dinas pendidikan kurang melaksanakan monitoring dan evaluasi karena hanya sebatas melaksanakan tugas
- Pemerataan dana pendidikan yang tidak sesuai
- Dana pemerintah tidak diterima secara penuh, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan alokasinya
- Sistem pelayanan administrasi yang masih kurang baik
- Pengawas sekolah tidak rutin mengunjungi sekolah
5. Orang tua
Permasalahan yang dihadapi orang tua, antara lain:
- Biaya pendidikan
- Fasilitas untuk anak kurang memadai
- Wawasan orang tua masih kurang menyebabkan anak kurang mendapat pendidikan melalui orangtua
- Tuntutan orang tua terhadap anak
- Komunkasi yang tidak lancar karena kesibukan orang tua
- Tidak ada keteladanan orang tua yang ditunjukkan kepada anak
- Pola asuh orang tua yang kurang baik kepada anaknya
- Pemilihan sekolah yang tidak tepat menyebabkan anak kurang bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya
- Orang tua kurang peka terhadap kebutuhan anaknya
1. Lingkungan
Permasalahan yang menyangkut lingkungan belajar siswa, antara lain:
- Kurangnya sarana dan prasana yang menunjang pembelajaran siswa
- Suasana akademis yang tidak memungkinkan untuk belajar
- Suasana ‘hijau’ atau asri yang kurang mendukung kenyamanan siswa dalam pembelajaran
Permasalahan yang terkait dengan matematika, antara lain:
- Soal yang diberikan tidak sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari
- Materi matematika di Indonesia terlalu banyak dan ‘dalam’
- Pola pikir bahwa rumus matematika tidak untuk dihafal tapi untuk dipahami
- Kurangnya pemahaman ilmu dasar matematika
- Materi yang diberikan tidak sesuai dengan tingkat penalaran siswa
- Tingkat kesulitan soal
- Konsep belum diketahui manfaatnya
- Matematika simbolik
- Materi padat
Demikian
ulasan hasil diskusi pada perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. Semoga memberikan
manfaat bagi yang membaca dan mampu menghindari/mengatasi masalah-masalah
pendidikan tersebut. Aamiin
Bisa diberi contoh, topik apa ya ...yg bisa dijadikan untuk penelitian, termasuk judulnya....
BalasHapusTopiknya bisa terkait dengan kesulitan guru, profesionalitas guru, kesiapan guru dan siswa, kesulitan siswa, manajemen kepala sekolah, kinerja Dinas Pendidikan, peran orang tua, atau pun menyangkut permasalahan kurikulum.
HapusContoh judul penelitian: Analisis kesulitan atau kendala Guru dalam pembelajaran Matematika, Analisis profesionalitas guru Matematika dalam pelaksanaan pembelajaran, Kesiapan guru dan siswa dalam pembelajaran, Analisis kesulitan siswa dalam memahami materi tertentu, Pengaruh manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, Pengaruh kinerja Dinas Pendidikan, Pengaruh perhatian orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, Analisis implementasi atau keterlaksanaan kurikulum.