Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan
Dosen Pengampu : Dr. Heri Retnawati
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tertinggal jauh jika
dibandingkan dengan negara-negara lain. Sehingga muncul lah
harapan-harapan yang memungkinkan dapat terwujud sehingga mampu
meningkatkan kualitas pendidikan. Namun harapan-harapan tersebut masih
belum sesuai dengan kenyataan yang ada. Berikut ini harapan dan
kenyataan yang ada dalam dunia pendidikan di Indonesia.
1. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau Dari Tahapan Polya Pada Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Geogebra
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Siswa sulit memahami masalah
|
Siswa dapat memahami
masalah
|
Guru
memberikan treatment dengan
menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu
Geogebra
|
Siswa sulit merencanakan pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
merencanakan pemecahan masalah
|
|
Siswa sulit melakukan perhitungan
|
Siswa dapat
melakukan perhitungan
|
|
Siswa sulit memahami konsep dalam
geometri
|
Siswa dapat memahami
konsep dalam geometri
|
|
Siswa sulit memahami prinsip dalam
geometri
|
Siswa dapat memahami prinsip dalam geometri
|
2. Analisis
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Dalam Menyelesaikan Soal PISA Pada Masalah Aljabar
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Siswa
kesulitan menyatakan masalah matematika dengan menggunakan benda-benda nyata,
gambar ke dalam bahasa atau symbol matematika
|
Siswa
dapat menyatakan masalah matematika dengan menggunakan benda-benda nyata,
gambar ke dalam bahasa atau symbol matematika
|
Melatih
siswa dengan memberikan soal-soal PISA
|
Siswa
kesulitan menginterpretasikan gambar ke dalam model matematika
|
Siswa
mampu menginterpretasikan gambar ke dalam model matematika
|
|
Siswa kesulitan
menuliskan informasi dari pernyataan ke dalam bahasa matematika
|
Siswa mampu
menuliskan informasi dari pernyataan ke dalam bahasa matematika
|
|
Siswa kesulitan mengidentifikasi pertanyaan
|
Siswa mampu mengidentifikasikan pertanyaan
|
|
Siswa kesulitan dalam menerima
atau menolak suatu pernyataan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
|
Siswa mampu menerima atau menolak
suatu pernyataan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
|
|
Siswa kesulitan merancang suatu
cara untuk menyelesaikan masalah
|
Siswa dapat merancang suatu cara
untuk menyelesaikan masalah
|
3. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan, Self-Concept, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model
Pembelajaran PBL
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Siswa kurang patuh terhadap tata tertib sekolah
|
Siswa mematuhi tata tertib sekolah dengan penuh tanggung jawab
|
Guru menerapkan model pembelajaran PBL
|
Siswa kurang memperhatikan kegiatan belajar di kelas
|
Siswa memperhatikan kegiatan belajar di kelas
|
|
Siswa lupa atau malas mengerjakan tugas-tugas pelajaran
|
Ketaatan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran
|
|
Siswa belum tahu batasan-batasan sikap ketika di sekolah
|
Siswa mengetahui batasan-batasan sikap ketika di sekolah
|
|
Kesadaran siswa untuk disiplin masih rendah
|
Siswa memahami arti penting disiplin di
sekolah bagi dirinya sendiri
|
|
Siswa merasa tidak mampu
mengerjakan sesuatu sendiri
|
Siswa dapat mengerjakan sesuatu secara
mandiri
|
|
Siswa mudah frustasi
|
Siswa antusias menghadapi tugas
yang menantang
|
|
Siswa mudah dipengaruhi orang lain
|
Siswa merasa mampu mempengaruhi
orang lain
|
|
Siswa takut memulai aktivitas baru
|
Siswa
tidak takut menghadapi situasi baru
|
|
Siswa cenderung pendiam
|
Siswa
berani mengemukakan pendapatnya
|
|
Siswa merendahkan kemampuan
sendiri
|
Siswa
bangga terhadap apa yang diperbuatnya
|
|
Siswa sulit memahami masalah
|
Siswa dapat memahami
masalah
|
|
Siswa sulit merencanakan pemecahan
masalah
|
Siswa dapat
merencanakan pemecahan masalah
|
|
Siswa sulit melakukan perhitungan
|
Siswa dapat
melakukan perhitungan
|
|
Siswa sulit memahami konsep dalam
geometri
|
Siswa dapat memahami
konsep dalam geometri
|
|
Siswa sulit memahami prinsip dalam
geometri
|
Siswa dapat memahami prinsip dalam geometri
|
Demikian harapan dan kenyataan yang ada dalam dunia pendidikan Indonesia. Semoga apa yang menjadi harapan dapat segera terwujud menjadi kenyataan. Sehingga kenyataan yang ada sesuai dengan apa yang diharapkan. Aamiin.
Semoga bermanfaat :)
Tegal, 25 September 2015
Masih dalam rangkaian hari tasyrik
beraroma daging kambing dan sapi
Selamat Idul Adha 1436 H :)
0 komentar:
Posting Komentar